Terbuka Karier PNS Bagi Dokter Muda Peserta JKN

¤
Bertempat di ruang dr.J.Leimena Block C Gedung dr.Adyatma MPH, Kementerian Kesehatan menyelenggarakan sosialisasi rekrutmen tenaga kesehatan Tim Nusantara Sehat Periode II tahun 2015 “Karier Dokter dan Dokter Gigi di Era JKN” tanggal 19 Juli 2015 dengan keynote speker Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.
¤
Penugasan khusus tenaga kesehatan berbasis tim (Nusantara Sehat) merupakan salah satu program prioritas Kementerian Kesehatan untuk memperkuat pelayanan kesehatan unit Puskesmas di Daerah terpencil, tertinggal, perbatasan dan kepulauan (DTPK). Pada tahun 2015 telah ditempatkan 120 tim tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter,dokter gigi,perawat,bidan,tenaga gizi,ahli gizi, laboratorium medik,tenaga kesehatan lingkungan,tenaga farmasi dan tenaga kesehatan masyarakat di 120 Puskesmas wilayah DTPK yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.
¤
Rendahnya minat para dokter dan dokter gigi yang mendaftar dalam Tim Nusantara sehat mendorong Kementerian Kesehatan untuk semakin intens mensosialisasikan peran dan peluang positip bagi setiap peserta pendukung penugasan khusus tenaga kesehatan berbasis tim (Nusantara Sehat) diantaranya kepada;
• Dekan Fakultas Kedokteran/Kedokteran Gigi di seluruh Indonesia
• PP Bulan Sabit Merah Indonesia
• Yayasan Mercy Indonesia
• Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran
• Nitizen & awak media.
¤
Diskusi publik Nusantara Sehat kali ini bertujuan menyampaikan informasi yang terkait dengan lanjutan karier tenaga kesehatan peserta program Nusatara Sehat dan Tanya jawab interaktif dipandu oleh Drg. Usman Sumantri M.Sc Kepala Badan PPSDMK. Acara yang berjalan cukup hangat ini dimoderatori oleh dua orang Mc senior, Maman Herman dan Ira Koesno.
¤
Secara umum publik telah mengetahui, untuk menjadi dokter praktik, seorang lulusan SMA jurusan IPA melanjutkan pendidikan pada Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) yang ada di berbagai Universitas di Indonesia. Pendidikan Dokter mengacu pada Standar Kompetensi Dokter Indonesia dan Standar Pendidikan Profesi Dokter yang dikeluarkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia pada tahun 2006. Setidaknya untuk mencapai gelar dokter dibutuhkan minimum 10 semester pendidikan termasuk praktek kerja menjadi Co-As.
¤
Dokter yang baru lulus harus mengikuti Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) yang diselenggarakan oleh Komite Bersama Kolegium Dokter Indonesia (KDI) di bawah IDI untuk memperoleh Sertifikat Kompetensi Dokter. Setelah memperoleh Sertifikat Kompetensi Dokter, seorang dokter lulusan KBK dapat mengikuti program internship atau program penempatan di wilayah DTPK ataupun 4T (Terpencil, Terluar, Terasing dan Tertinggal) minimal selama 1 tahun.
¤
Program internship atau "NUSANTARA SEHAT" diselenggarakan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bersama dengan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Dokter yang telah selesai mengikuti program internship atau menjadi pendukung NUSANTARA SEHAT barulah berhak untuk mengajukan SIP (Surat Ijin Praktik) secara mandiri. Mau menjadi dokter spesialis, atau membuka praktek menjadi dokter umum. Bila ingin berkarier sebagai dokter spesialis dapat melanjutkan studi pada Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS).
¤
Di Indonesia sekarang terdapat lebih dari 30 jenis spesialisasi yang dapat dipilih. Dokter spesialis akan berpraktik pada layanan kesehatan sekunder dan tersier (di rumah sakit). Dokter praktik umum adalah dokter yang berpraktik di layanan primer (puskesmas atau klinik medik). Dokter praktik umum menjadi pintu gerbang pelayanan kedokteran. Karena derajat kesehatan di suatu negara akan baik bila dokter di layanan primernya berkualitas.
¤
Sedangkan untuk dokter praktik umum yang telah mengikuti beberapa ketrampilan yang diperlukan dimana secara terus menerus meningkatkan pengetahuannya tentang ilmu kesehatan dan penyakit melalui berbagai forum, berhak untuk disebut sebagai dokter keluarga yang sertifikasinya dilakukan oleh Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia (PDKI). Dokter Keluarga adalah dokter praktik umum yang berhak untuk menjadi penyedia pelayanan kedokteran di tingkat primer bagi pasien-pasien yang tergabung dalam suatu perusahaan asuransi kesehatan.
¤
Sedangkan Menkes RI, Nila F Moeloek diakhir acara memberi wejangan, "Dokter-dokter muda yang menjadi peserta JKN adalah pahlawan masyarakat pedalaman dan menjadi pejuang ujung tombak kesehatan Indonesia. Kami bangga dengan pengabdian dan semangat dokter-dokter muda itu.  Terbuka peluang untuk menjadi PNS dikemudian hari, tentu saja setelah melalui rangkaian test yang komprehensif."

                                                                       ¤¤¤¤¤¤¤
Pendaftaran untuk menjadi peserta pendukung program 'Nusantara Sehat' dapat melalui jalur rekrutmen online di www.nusantarasehat.kemkes.go.id
                                                                        Dan......
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail :  humas_ppsdmk@yahoo.co.id
¤