Mobile Banking BII Maybank2u Bawa Perbankan keDalam Genggaman Nasabah


Jajaran Direksi BII Maybank meluncurkan aplikasi mobile banking BII Maybank2u di MidTown Cafe kawasan SCBD Jakarta  (dari kiri ke kanan Gunawan Tjan, Hevi Angweita, Lani Dharmawan & Stefanus Willy Sukianto)

Bank terbesar di semenanjung Malaysia dengan reputasi internasional, Maybank (Malayan Banking Berhad) di Jakarta beberapa waktu lalu (14/9/15) dengan menggandeng mitra lokalnya, BII (Bank InternasionaI Indonesia), meluncurkan aplikasi digital berbasis internet dalam platform android yang bisa langsung di download BII Maybank2u dan dan juga dalam platform iOS Itunes Apple BII Maybank2u. BII berdiri pada 15 Mei 1959 merupakan lembaga keuangan jasa perbankan jajaran papan atas di Indonesia dengan lebih dari 273 kantor cabang dan 5 kantor cabang Syariah. BII pun memiliki sejumlah kantor perwakilan di beberapa negara. Sejak akuisisi 2008, mayoritas saham BII dikuasai oleh Maybank. Branding usaha bisnis akhirnya segera disesuaikan, menjadi BII Maybank, sebagaimana yang telah dikenal dewasa ini.
¤
Penyediaan pelayanan perbankan berbasis internet bagi BII bukanlah perkara baru. Di Indonesia, BII adalah bank yang paling pertama kali mengenalkan kepada publik, akses perbankan melalui BII Internet Banking, tepatnya pada tahun 1998. Menyusul pada 2003, BII kembali menjadi yang lebih dulu menggelar Mesin Setor Tunai (Cash Deposit Machine) yang terintegrasi dalam gerai ATM (Automatic Teller Machine/ Anjungan Tunai Mandiri). Lagi-lagi di 2011, BII menyabet posisi terdepan diantara jajaran bank-bank lokal dalam membesut pelayanan perbankan melalui aplikasi mobile banking dengan platform kekinian. Dan, bersama BII, hanya ada sedikit bank di tahun 2013 lalu yang menerapkan interaksi mobile banking berbasis SMS (Short Mesage Service) dalam metode enskripsi (Tampilan smsnya berupa konfigurasi algoritma bertandar keamanan tinggi yang tak bisa diterjemahkan kecuali menggunakan aplikasi khusus). 
¤
Berlandaskan pengalaman panjang melayani nasabah melalui internet banking tanpa cela, BII Maybank optimis, aplikasi mobile banking yang berlabel: BII Maybank2U akan disambut positip oleh publik. Sebagaimana yang dikatakan oleh Lani Dharmawan Retail Banking Director BII Maybank disela-sela peluncuran, "Aplikasi mobile banking BII Maybank2u akan memudahkan urusan perbankan para nasabah, terlebih nasabah pada segmen retail dalam melakukan transaksi harian maupun mengontrol saldo dimanapun berada & kapanpun." 
¤
Tak berbeda dengan Lani, Head Wealth Management Segment Strategy & E-Channel BII Stefanus Willy Sukianto juga menuturkan, "BII Maybank2u akan mensisir semua segmen, tak terkecuali nasabah pada kelas retail & konsumsi rumah tangga. PerSeptember 2015, tercatat jumlah pengguna internet banking BII sebanyak 350.000 nasabah. Membuktikan, sebagian besar nasabah perbankan kini telah bertranformasi menjadi masyarakat digital pengguna mobile banking. Karena, mudah mengakses perbankan tanpa batasan waktu dan tempat. Maka dari itu, dengan adanya peluncuran aplikasi BII Maybank2u ini, diharapkan pengguna digital banking korporasi bisa tumbuh 15% di tahun depan.” 
¤
Berdasarkan pantuan atas situs dan fitur BIIMaybank2u merupakan satu aplikasi yang dapat digunakan nasabah untuk mengakses semua portofolio bank secara pribadi, mulai dari tabungan, giro, deposito, kartu kredit, hingga pinjaman, termasuk kredit tanpa agunan (KTA) dan kredit pemilikan rumah (KPR). Melalui BII Maybank2u, nasabah juga dapat transfer dana dan kemudian dicairkan kliennya di lebih dari 20.000 ATM yang tergabung dalam jaringan ATM BERSAMA, ATM PRIMA, CIRRUS, ALTO berikut jaringan MEPS yang terkoneksi dengan 3.500 ATM Maybank di Malaysia dan Singapura. Selain itu, nasabah juga dapat mengakses informasi mutasi rekening hingga tiga bulan terakhir, belanja online dan mengetahui informasi kurs valuta asing serta melakukan simulasi pinjaman. Bahkan, nasabah juga bisa mendapatkan informasi lokasi keberadaan dari ribuan outlet Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BII dan ratusan kantor cabang BII terdekat serta promo-promo yang sedang diprogram oleh BII.
¤
Menyambung Lina dan Willy, Gunawan Tjan, Head Business Planning & Performance Management BII menambahkan, "Keuntungan yang dapat dirasakan langsung oleh nasabah pengguna BII Maybank2u yang pertama adalah, fitur-fiturnya begitu sederhana, mudah dan seakrab sentuhan telunjuk nasabah yang memang telah terbiasa mengoperasikan Hpnya masing-masing. Keuntungan yang kedua, segala berita, kegiatan dan promo BII Maybank dapat diakses hingga, nasabah tak akan pernah ketinggalan info. Keuntungan ketiga, urusan perbankan jadi lebih Praktis, nasabah tak perlu repot luangkan waktu dan tenaga untuk menuju kantor-kantor cabang hanya untuk bertransaksi. Keempat, lebih terjaminnya keamanan bertransaksi, nasabah digital dilindungi dengan ID user & passwords yang hanya diketahui sendiri secara pribadi dan sudah barang tentu pula, nasabah secara otomatis terhindar dari perampokan karena tidak bertransaksi dengan uang tunai. Keuntungan kelima terjadi penghematan, nasabah hemat waktu dan waktu adalah uang, sekaligus hemat ongkos sebab, tak perlu lagi keluar biaya transportasi menuju kantor cabang bank. Keuntungan keenam, rekening lebih dapat dimanfaatkan secara optimal, nasabah dapat konfirmasi sepanjang 24 jam tentang saldo dan arus uang keluar masuk hingga, nasabah dapat memutuskan setiap saat kapan sekiranya perlu dan siap bertransaksi. Ketujuh, selama ada jaringan koneksi internet, kapanpun dan berada dimanapun, nasabah bisa lebih merasa nyaman karena selalu terkawal atau terproteksi oleh layanan BII Maybank2u. Keuntungan langsung kedelapan adalah, aplikasi lengkap, komplit dan mampu mencakup seluruh produk layanan BII Maybank sehingga, apapun urusan perbankan, benar-benar kesemuanya itu sudah dalam genggaman nasabah." 
¤
Mr. Patrick Jeppy didaulat menjadi Host peluncuran BII Maybank2u
Sedangkan Head of Liabilities BII Maybank, Hevi Angweita ketika dimintai keterangannya hanya menjawab singkat, "Silahkan menjadi nasabah BIIMaybank dan mendapat layanan mobile banking BII Maybank2u dengan datang ke kantor-kantor cabang terdekat. Setiap keperluan perbankan nasabah dan calon nasabah, tentulah akan kami layani dengan baik. Menjadi nasabah berarti menjadi bagian keluarga besar BII Maybank. Semua nasabah bisa memiliki akses yang sama untuk ikut bisa menikmati fasilitas, program, promo, hadiah dan kemudahan layanan BII Maybank lainnya, termasuk aplikasi BII Maybank2u
¤
Antusias Media Ibukota sambut peluncuran BII Maybank2u
Menanggapi keberadaan aplikasi BII Maybank2u, seorang nasabah yang tidak ingin disebutkan namanya ketika ditemui awal Oktober ini menuturkan, "Fasilitas BII Maybank2u menjadikan nasabah seorang Bankir. Nasabah secara swalayan melayani keperluan perbankannya sendiri, seperti orang yang tengah berbelanja barang-barang yang dibutuhkannya di sebuah mall, toserba, supermarket konvensional, ataupun situs belanja online. BII Maybank2u membawa nasabah memasuki dunia perbankan digital dan sekaligus juga membawa perbankan dalam segenggaman nasabah." 
¤
Bahagianya bisa menghadiri peluncuran aplikasi mobile banking BII Maybank2u
*******
Terima Kasih