Jakarta, 6 Agustus 2016 — Berlandaskan sebuah keyakinan
akan pentingnya semangat kesukarelawanan untuk
kebaikan bersama, Gerakan Pramuka
dan The Walt Disney Company
Indonesia meluncurkan ‘Time Please’,
sebuah kegiatan yang dikemas untuk anak di usia sekolah serta keluarga
mereka. Dikemas dalam format kompetisi yang menyenangkan,
kedua organisasi bersama-sama
menciptakan sebuah wadah untuk mengalakkan semangat berbagi dalam diri
anak-anak dengan berpartisipasi dalam kegiatan kesukarelawanan.
Ditujukan
untuk menjangkau setidaknya 20 juta anak di Indonesia pada tahun
pertama pelaksanaannya, kompetisi ini membuka kesempatan bagi anak-anak
usia 7 hingga 15 tahun untuk
ikut serta dalam kegiatan ini bersama-sama dengan keluarga dan
teman-teman mereka.
Time Please merupakan kompetisi dalam dan antar sekolah yang memberikan kesempatan bagi anak-anak memulai langkah
untuk berkontribusi secara nyata
dalam menjawab
isu-isu sosial disekitar mereka. Program ini membawa nilai-nilai yang
dimiliki oleh setiap komunitas, keluarga, serta masing-masing individu
untuk dapat membawa
perubahan bagi sesama mereka - sejalan dengan nilai-nilai yang ada pada
karakter-karakter dan kisah dari Disney serta tercermin pula dalam
kegiatan Pramuka GAUL (Gerakan Aksi Untuk Lingkungan).
“Melalui Time Please, kami
ingin
mendorong dan menginspirasi anak-anak serta keluarga Indonesia
untuk mulai
melakukan perubahan bagi lingkungan dan masyarakat sekitar mereka dengan cara yang sederhana dan menyenangkan.
Bersama dengan Gerakan Pramuka,
yang merupakan gerakan kepanduan dengan jumlah anggota terbesar di Asia Tenggara, kami berharap kompetisi ini dapat mendorong
nilai-nilai sosial dan menanamkan
jiwa kepemimpinan sejak dini,” ujar
Mochtar Sarman, Country Director – Disney Consumer Products, The Walt Disney Company Indonesia.
Program
‘Time Please’ akan dimulai pada tanggal 14 Agustus 2016 dan berakhir
pada tanggal 10 November 2016 dan akan berlangsung di
lima kota, yaitu; Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, dan Surabaya,
dan akan diperluas untuk menjangkau kota-kota lainnya di seluruh
Indonesia pada tahun 2018.
Microsoft bergabung dalam program ini sebagai mitra teknologi,
dengan memberikan akses literasi digital untuk generasi muda, sebagai bagian dari program Filantrofi perusahaan.
Melalui www.timeplease.id, setiap anak dapat menjalankan sebanyak mungkin
kegiatan sukarela dalam kurun waktu tiga bulan dan mencatatkan keikutsertaan mereka.
Situs resmi tersebut adalah hasil kolaborasi dari Microsoft dan mitra NGO mereka, YCAB Foundation.
Website Time Please
diluncurkan dalam eksebisi TimePlease di Jakarta hari ini. Melalui
program Microsoft Philanthropies, Microsoft menginvestasikan aset-aset
terbesarnya di dunia teknologi untuk mendorong upaya
pemberdayaan bagi mereka yang tidak memiliki akses terhadap teknologi
dan kesempatan yang terkait dengan teknologi.
“Kami
sangat senang bisa menjadi bagian dari program Time Please di Indonesia
karena program ini membuka kesempatan bagi anak-anak untuk turut
mengajarkan
coding dan kemampuan komputasi lainnya kepada keluarga, teman,
serta komunitas mereka. Kami berharap pengalaman yang akan mereka
dapatkan selama program ini bisa menciptakan pengaruh positif untuk
komunitas dan masa depan mereka,” jelas
Ruben Hattari, Corporate Affairs Director, Microsoft Indonesia.
“Kegiatan
ini merupakan inisiatif transformasional penting yang Microsoft
jalankan bersama dengan Disney, Gerakan Pramuka, dan Yayasan Cinta Anak
Bangsa (YCAB) karena kami percaya setiap anak memiliki kesempatan yang
sama untuk belajar dan memiliki akses terhadap ilmu komputer. Dengan
demikian, para penerus bangsa tidak hanya bisa menggunakan, tetapi juga
menciptakan pembaruan melalui teknologi,” tambah
Ruben.
Untuk memberikan semangat bagi anak-anak serta keluarga
dalam mengikuti kompetisi ini, setiap
partisipan akan mendapatkan penghargaan.
Hadiah akan diberikan
kepada beberapa kategori pemenang, yaitu; “Tim Individu Terbaik”,
“Sekolah Terbaik dengan Pencatatan Waktu Terbanyak”, “Sekolah Paling
Kreatif”, “Sekolah Pemberi Dampak Terbaik”, dan kategori
khusus “Penghargaan Dampak Lingkungan”. Selain itu, setiap peserta yang
telah menyumbangkan waktu sedikitnya satu jam, akan mendapat sertifikat
digital sebagai bentuk apresiasi dari kontribusi yang mereka berikan dalam kegiatan
ini. Pemenang
pada tingkat kota akan diumumkan saat periode program ini berakhir,
yaitu pada tanggal 10 November, sedangkan pemenang pada tingkat nasional
akan diumumkan pada
bulan Januari 2017.
“Gerakan
Pramuka sangat senang bermitra dengan Disney, yang memahami pentingnya
membudayakan rasa peduli terhadap masyarakat dan memupuk karakter
positif anak-anak. Saya sangat gembira karena inisiatif ini akan
segera dimulai bertepatan dengan Hari Pramuka pada tanggal 14 Agustus
mendatang. Nilai-nilai yang dianut oleh Pramuka Gaul (Gerakan Aksi Untuk
Lingkungan), dan motto kami; Keren, Gembira, Asyik,
akan ditampilkan melalui stan interaktif yang bertemakan lima kategori
dalam kompetisi Time Please; Lingkungan, Pendidikan, Kepedulian Sosial,
Kesehatan, dan Sanitasi, dengan cara yang seru dan menyenangkan untuk
anak-anak. Bersama dengan Disney, kami ingin
mendorong anak-anak untuk belajar nilai-nilai penting dari kegiatan
sebagai relawan yang sejalan dengan prinsip-prinsip yang terkandung
dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka,”
kata Kak Adhyaksa Dault , Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.
Eksebisi
Time Please akan hadir di Gandaria City Piazza sejak tanggal 5 hingga 7
Agustus 2016, dengan berbagai rangkaian acara menarik dan suguhan
keterampilan Pramuka guna memperkenalkan inisiatif tersebut sekaligus
merayakannya bersama anak-anak serta keluarga di daerah sekitar Jakarta.
Rangkaian acara tersebut diisi dengan peluncuran dari situs resmi Time
Please, hiburan persembahan dari Disney dan
Pramuka, serta stan informatif
dimana anak-anak dapat bermain dan melakukan aneka kegiatan lainnya
bersama keluarga. Selain itu, Gramedia juga merilis komik Donal Bebek
edisi spesial yang menampilkan Kwik, Kwek, dan Kwak sebagai anggota
“Pramuka Siaga”, yang
akan tersedia di Toko Buku Gramedia mulai dari tanggal 10 Agustus.
Inisiatif ini juga turut didukung oleh selebriti serta
influencer seperti Reza Rahardian, Raisa Andriana, Daniel Mananta,
Boy William, Sandra
Dewi, Giring Nidji, Olivia Zalianty, Sekar Teja dan Aviwkila, serta Miss
Indonesia 2016 Natasha Emanuella, juga para penyanyi dari “We Love
Disney” – Chilla Kiana, 5 Romeo, dan masih banyak
lagi.
Inisiatif ini didukung oleh:
·
Reza Rahadian,
“Tidak bisa kita pungkiri bahwa ada beberapa hal disekitar kita yang
bisa kita jadikan lebih baik. Tentunya dengan memberikan waktu kita
untuk memperbaiki
hal tersebut. Saatnya kalian sebagai generasi muda mengajak keluarga
untuk memberikan waktu dan melakukan sesuatu demi Indonesia yang lebih
baik.”
·
Raisa Andriana, “Aku
sangat senang mengikuti kegiatan Pramuka karena aku bisa belajar
mengenal tentang alam, kepemimpinan dan bekerja sama bersama
teman-teman. Aku gembira
mendengar Disney mendukung kegiatan Pramuka Indonesia.”
·
Olivia Zalianty, “Kita semua
memiliki tanggung jawab yang sama untuk
mewujudkan masyarakat dan lingkungan yang lebih baik.
Saya percaya, melalui kegiatan ini, kegiatan sukarela akan menjadi
sebuah hal yang lebih menyenangkan bagi anak-anak.”
·
Giring ‘Nidji’, “Saya sangat senang atas dukungan Disney pada Pramuka di Indonesia untuk membuat perubahan di
dalam komunitas dan lingkungan. Saya tentu mendukung inisiatif ini sepenuhnya. Go Pramuka!”
·
Boy William,
“Saya juga dulu anggota Pramuka! Senang rasanya saat tahu Disney ingin
mendorong para anggota Pramuka dan melibatkan keluarga mereka untuk
membawa perubahan bagi sesama. Tetap semangat!”
·
Daniel Mananta, “Saya ingin kalian semua tahu bahwa saya mendukung Pramuka
dan inisiatif ini
untuk menginspirasi seluruh keluarga Indonesia dalam memberikan dampak positif bagi sesama.
Rock on untuk seluruh anggota Pramuka di Indonesia!”
·
Sandra Dewi, “Ini sangat menggembirakan bagi saya, Disney mendukung Pramuka di Indonesia untuk mengerakkan generasi muda
untuk memberikan perubahan bagi sesama, Go Pramuka!”
**********