¤
Bank terbesar di semenanjung Malaysia dengan reputasi
internasional, Maybank (Malayan Banking Berhad) di Jakarta beberapa waktu lalu
(14/9/15) dengan menggandeng mitra lokalnya, BII (Bank InternasionaI Indonesia), meluncurkan aplikasi digital berbasis internet dalam platform
android yang bisa langsung di download BII Maybank2u dan
dan juga dalam platform iOS Itunes Apple BII Maybank2u.
BII berdiri pada 15 Mei 1959 merupakan lembaga keuangan jasa perbankan jajaran papan
atas di Indonesia dengan lebih dari 273 kantor cabang dan 5 kantor cabang
Syariah. BII pun memiliki sejumlah kantor perwakilan di beberapa negara. Sejak
akuisisi 2008, mayoritas saham BII dikuasai oleh Maybank. Branding usaha bisnis
akhirnya segera disesuaikan, menjadi BII Maybank, sebagaimana yang telah
dikenal dewasa ini.
Penyediaan pelayanan perbankan berbasis internet bagi BII bukanlah perkara baru. Di Indonesia, BII adalah bank yang paling pertama kali
mengenalkan kepada publik, akses perbankan melalui BII Internet Banking, tepatnya pada tahun
1998. Menyusul pada 2003, BII kembali menjadi yang lebih dulu menggelar Mesin
Setor Tunai (Cash Deposit Machine) yang terintegrasi dalam gerai ATM (Automatic
Teller Machine/ Anjungan Tunai Mandiri). Lagi-lagi di 2011, BII menyabet posisi
terdepan diantara jajaran bank-bank lokal dalam membesut pelayanan perbankan
melalui aplikasi mobile banking dengan platform kekinian. Dan, bersama BII,
hanya ada sedikit bank di tahun 2013 lalu yang menerapkan interaksi mobile banking
berbasis SMS (Short Mesage Service) dalam metode enskripsi (Tampilan smsnya
berupa konfigurasi algoritma bertandar keamanan tinggi yang tak bisa
diterjemahkan kecuali menggunakan aplikasi khusus).
Berlandaskan pengalaman
panjang melayani nasabah melalui internet banking tanpa cela, BII Maybank
optimis, aplikasi mobile banking yang berlabel: BII Maybank2U akan disambut
positip oleh publik. Sebagaimana yang dikatakan oleh Lani Dharmawan Retail
Banking Director BII Maybank disela-sela peluncuran, "Aplikasi mobile
banking BII Maybank2u akan memudahkan urusan perbankan para nasabah, terlebih
nasabah pada segmen retail dalam melakukan transaksi harian maupun mengontrol
saldo dimanapun berada & kapanpun."
Tak berbeda dengan Lani, Head
Wealth Management Segment Strategy & E-Channel BII Stefanus Willy Sukianto
juga menuturkan, "BII Maybank2u akan mensisir semua segmen, tak terkecuali
nasabah pada kelas retail & konsumsi rumah tangga. PerSeptember 2015,
tercatat jumlah pengguna internet banking BII sebanyak 350.000 nasabah.
Membuktikan, sebagian besar nasabah perbankan kini telah bertranformasi menjadi
masyarakat digital pengguna mobile banking. Karena, mudah mengakses perbankan
tanpa batasan waktu dan tempat. Maka dari itu, dengan adanya peluncuran
aplikasi BII Maybank2u ini, diharapkan pengguna digital banking korporasi bisa
tumbuh 15% di tahun depan.”
Berdasarkan pantuan atas situs dan fitur BIIMaybank2u merupakan satu aplikasi yang dapat digunakan nasabah untuk mengakses
semua portofolio bank secara pribadi, mulai dari tabungan, giro, deposito,
kartu kredit, hingga pinjaman, termasuk kredit tanpa agunan (KTA) dan kredit
pemilikan rumah (KPR). Melalui BII Maybank2u, nasabah juga dapat transfer dana
dan kemudian dicairkan kliennya di lebih dari 20.000 ATM yang tergabung dalam
jaringan ATM BERSAMA, ATM PRIMA, CIRRUS, ALTO berikut jaringan MEPS yang
terkoneksi dengan 3.500 ATM Maybank di Malaysia dan Singapura. Selain itu,
nasabah juga dapat mengakses informasi mutasi rekening hingga tiga bulan
terakhir, belanja online dan mengetahui informasi kurs valuta asing serta
melakukan simulasi pinjaman. Bahkan, nasabah juga bisa mendapatkan informasi
lokasi keberadaan dari ribuan outlet Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BII dan
ratusan kantor cabang BII terdekat serta promo-promo yang sedang diprogram oleh
BII.
Menyambung Lina dan Willy, Gunawan Tjan, Head Business Planning &
Performance Management BII menambahkan, "Keuntungan yang dapat dirasakan
langsung oleh nasabah pengguna BII Maybank2u yang pertama adalah,
fitur-fiturnya begitu sederhana, mudah dan seakrab sentuhan telunjuk nasabah
yang memang telah terbiasa mengoperasikan Hpnya masing-masing. Keuntungan yang
kedua, segala berita, kegiatan dan promo BII Maybank dapat diakses hingga,
nasabah tak akan pernah ketinggalan info. Keuntungan ketiga, urusan perbankan
jadi lebih Praktis, nasabah tak perlu repot luangkan waktu dan tenaga untuk
menuju kantor-kantor cabang hanya untuk bertransaksi. Keempat, lebih
terjaminnya keamanan bertransaksi, nasabah digital dilindungi dengan ID user
& passwords yang hanya diketahui sendiri secara pribadi dan sudah barang
tentu pula, nasabah secara otomatis terhindar dari perampokan karena tidak
bertransaksi dengan uang tunai. Keuntungan kelima terjadi penghematan, nasabah
hemat waktu dan waktu adalah uang, sekaligus hemat ongkos sebab, tak perlu lagi
keluar biaya transportasi menuju kantor cabang bank. Keuntungan keenam,
rekening lebih dapat dimanfaatkan secara optimal, nasabah dapat konfirmasi sepanjang
24 jam tentang saldo dan arus uang keluar masuk hingga, nasabah dapat
memutuskan setiap saat kapan sekiranya perlu dan siap bertransaksi. Ketujuh,
selama ada jaringan koneksi internet, kapanpun dan berada dimanapun, nasabah
bisa lebih merasa nyaman karena selalu terkawal atau terproteksi oleh layanan
BII Maybank2u. Keuntungan langsung kedelapan adalah, aplikasi lengkap, komplit
dan mampu mencakup seluruh produk layanan BII Maybank sehingga, apapun urusan
perbankan, benar-benar kesemuanya itu sudah dalam genggaman nasabah."
Sedangkan Head of Liabilities BII Maybank, Hevi Angweita ketika dimintai
keterangannya hanya menjawab singkat, "Silahkan menjadi nasabah BIIMaybank dan mendapat layanan mobile banking BII Maybank2u dengan datang ke kantor-kantor
cabang terdekat. Setiap keperluan perbankan nasabah dan calon nasabah, tentulah
akan kami layani dengan baik. Menjadi nasabah berarti menjadi bagian keluarga
besar BII Maybank. Semua nasabah bisa memiliki akses yang sama untuk ikut bisa
menikmati fasilitas, program, promo, hadiah dan kemudahan layanan BII Maybank lainnya, termasuk aplikasi BII Maybank2u"
Menanggapi keberadaan aplikasi
BII Maybank2u, seorang nasabah yang tidak ingin disebutkan namanya ketika
ditemui awal Oktober ini menuturkan, "Fasilitas BII Maybank2u menjadikan
nasabah seorang Bankir. Nasabah secara swalayan melayani keperluan perbankannya
sendiri, seperti orang yang tengah berbelanja barang-barang yang dibutuhkannya
di sebuah mall, toserba, supermarket konvensional, ataupun situs belanja
online. BII Maybank2u membawa nasabah memasuki dunia perbankan digital dan
sekaligus juga membawa perbankan dalam segenggaman nasabah."
¤
Bahagianya bisa menghadiri peluncuran aplikasi mobile banking BII Maybank2u |
*******
Terima Kasih